Click fraud

Click fraud merupakan masalah yang sangat sering terjadi yang menyebabkan akun adsense seorang publisher di banned dan situsnya dihapus dari indeks google. Para adsenser Indonesia sering mengistilahkan surat banned dari keanggotaan adsense sebagai surat cinta dari google

Apa sih Click Fraud ?

Click Fraud adalah kegiatan mengklik iklan secara kontestual tanpa niatan untuk membeli barang atau jasa yang diiklankan. click fraud ini umumnya bertujuan untuk membuat bangkrut pengiklan jika pelakunya adalah perusahaan pesaing sang pengiklan, dan bisa juga untuk meningkatkan pendapatan/earning jika dilakukan oleh seorang publisher iklan.

Cara pendeteksian yang digunakan oleh Google dalam melacak click fraud adalah dengan mengamati data statistic klik yang diperoleh oleh sebuah akun adsense. Jika ternyata secara statistic terlihat data yang signifikan yang menunjukan kecurangan, anda akan di banned dan situs anda akan dihilangkan dari indeks google.
Saat ini Google memiliki sebuah system untuk mendeteksi click fraud. System ini masih dirahasiakan cara kerjanya, jadi tidak ada orang luar yang benar-benar mengetahui bagaimana cara kerja system ini. Hanya saja google mengklaim bahwa sejauh ini metode yang digunakan berhasil.

Sebenarnya anda masih bisa melakukan click fraud dalam sekala kecil, namun jika ketahuan dan dicurigai oleh Google, akun anda akan terancam hilang dan di banned oleh google

www.kerisfotopic.net
Jadi jangan sekali-kali anda melakukan click fraud(kecuali karena tidak sengaja dan dalam jumlah yang sedikit). Bahkan seandainya anda menggunakan tool seperti anonymous proxy sekalipun, google sejauh ini bisa mendeteksinya. Hal ini karena google data statistika pendapatan orang-orang pengguna adsense dari seluruh dunia. Jika ada data yang terlihat aneh, kemungkinan besar google akan menyadari ada sesuatu yang tidak beres disitu.

Real case

Seperti yang baru saja terjadi baru-baru ini. Symantec dan Microsoft sukses berkolaborasi untuk memutus server komando dan kontrol yang digunakan oleh ancaman bernama Trojan.Bamital.

Malware ini digunakan untuk melakukan kegiatan penipuan melalui aktivitas klik (click fraud) besar-besaran yang memberi keuntungan sebesar USD 1,1 juta atau setara dengan dengan Rp 10,5 miliar per tahun kepada para penjahat yang berada di balik serangan ini.

Menurut keterangan Symantec, click fraud merupakan komponen utama para penjahat online di dunia bawah tanah. Cara kerja malware ini adalah dengan mengarahkan pengguna ke iklan dan konten lainnya yang bukan menjadi tujuan mereka.

"Malware ini juga menghasilkan trafik yang bukan berasal dari aktivitas manusia pada iklan dan situs web dengan tujuan mendapat bayaran dari jaringan iklan online," jelas Symantec, dalam keterangannya, Kamis (7/2/2013).

Bamital juga bertanggungjawab mengarahkan pengguna yang terinfeksi ke situs web yang berisi malware dengan menyamar sebagai software yang sah. Pemutusan Bamital menunjukkan bahwa operasi click fraud ditanggapi serius dan dapat dihentikan.

Peran Symantec sendiri dalam operasi tersebut adalah menyediakan analisis teknis mengenai malware dan struktur perintah serta kontrol terkait.

Sumber https://inet.detik.com/security/d-2163838/server-komando-click-fraud-beromset-rp-105-miliar-dijegal

Pencegahan

  1. Selalu monitor aktivitas yg terjadi di web blog kamu, banyak web2 yg menyediakan service gratis untuk memantau ip, pageview, last visit, negara pengunjung, browser, referring website dan yg terpenting aktivitas klik link. Ini sangat penting sebagai bukti aktivitas di web kamu apabila nantinya kamu mau melaporkan aktivitas click fraud ke google. 
  2. Selalu buat channel untuk memantau adsense mana saja yg diklik visitor, apabila terjadi ketimpangan misalkan impression 100, click 90, segera email ke Google buat melaporkan kasus click fraud ini. (note: perbandingan Click dan impression yg wajar biasanya dibawah 20%)Quote NOTE: Apabila terjadi click fraud segera cabut ads anda dari website yg terkena click fraud tsb. (usahakan pasang channel dan jangan pasang satu script adsense saja karena kita akan susah untuk memantau ads dari website mana yg diklik oleh adsense). 
  3. Apabila kamu menggunakan WORDPRESS, kamu bisa menggunakan PLUGIN Who Sees Ads, plugin ini sangat bermanfaat, gunanya supaya kita bisa mengatur siapa saja yg bisa melihat ads kita, apakah visitor yg datang dari search engine atau member saja yg bisa melihat ads kita, sehingga bisa meminimalisir terjadinya click fraud. Visitor yg paling bagus adalah visitor yg datangnya dari Search Engine. 
  4. Jangan promosi website di kampus, warnet ataupun di tempat kerja / kantor, apalagi menyuruh orang / kawan untuk mengeklik ads kita, Promosi website yg paling bagus adalah secara online bukan offline. SEO adalah cara yg paling bagus untuk mencari trafik, tukaran link terkadang memang diperlukan tetapi harus diingat bahwa sebagai blogger, pastinya sudha banyak yg tau tentang google adsense,saya sarankan jangan pasang ads di blog yg sedang di blog walking.
“Ingat….karena kejahatan bukan hanya disebabkan oleh adanya niat dari pelaku, tapi juga karena adanya kesempatan, maka”
WASPADALAH…WASPADALAH…!!!
 






Previous
Next Post »