Pangkur,



Pamor Tancep Pandhes Ngawat

mangkya tangguh Blambangan kang winarni

Dhemes pasikutanipun

Wesi teles sawantara

Pamor Nggajih nanging pandhes tancepipun


Demikianlah sedikit karakteristik keris tangguh Blambangan yang disebut dalam Serat Centhini. Selain itu bentuk luk yang kemba menjadi salah satu tambahan karakter keris Blambangan.


Keris ini berdapur Sempana dengan pamor Ilining Warih atau yang bagi orang Jawa Timur menyebutnya dengan pamor Banyu Mili. Banyu atau air, Mili adalah mengalir, jadi penyebutan Ilining Warih dan Banyu Miili artinya sama, yaitu air yang mengalir.

Air mengalir menjadi kehidupan bagi alam. Daerah yang kering menjadi hijau setelah dialiri air. Airpun juga mudah menyatu dengan unsur cairan lainnya. Karena itu tidaklah jauh jika lantas pamor Ilining Warih atau Banyu Mili dikaitkan dengan kelancaran rejeki dan memperluas pergaulan. Hal ini karena sifat air yang memang bisa menjadi berkah (rizki) dan juga bisa mengalir ke mana saja seperti halnya pergaulan.
Lebih jauh, jika seseorang ingin banyak rizki, maka sering2nya menjalin silaturahmi, bergaul dengan sesama, dengan banyak orang, terutama keluarga. Menjalin silaturahmi dan ukhuwah antar sesama menjadikan manusia bisa membuka banyak rizki. Pesan2 seperti inilah yang mungkin ingin disampaikan oleh sang mPu ketika membabar pusaka ini.



www.kerisfotopic.net
Previous
Next Post »