Udan Mas dalam Dapur Brojol tangguh Pajajaran.

Udan Mas dalam Dapur Brojol tangguh Pajajaran.
Mungkin maknanya gini.......
Dapur (nama bentuk keris) ini dinamakan Brojol. Bentuknya lurus. Maksudnya jika kita ingin mendapatkan kemudahan2 dalam hidup, dimudahkan segala keinginannnya, maka hiduplah kita sesuai aturan2 yg ada, jangan macem2 atau bergerak diluar aturan yg ada. Hidup lurus yg semua diniati untuk ibadah. Bukankah Tuhan mengatakan bahwa tidak ada selain hidup kita ini untuk beribadah. Ibadah tidak hanya sembahyang, shalat atau mengerjakan ritual2 keagamaan lainnya. Kerja bisa masuk dalam ibadah jika diniati untuk memenuhi kebutuhan keluarga, sosialisasi juga ibadah jika diniati menjalin silaturahmi, dan lain sebagainya... Kita niatkan dulu ibadah.
Kalau kita menjalankan semua dengan baik dan benar, maka Tuhan akan memberikan kemudahan2 dalam hidup, termasuk didalamnya adalah kemudahan mendapatkan rizki. Niatan mencari rizki juga nitai agar berkah (barokah) baik untuk diri sendiri, keluarga maupun orang lain.
Mungkin demikian makna pamor Udan Mas dalam dapur Brojol ini. Bukan berarti ketika kita menyimpan keris seperti ini lantas kita serta merta mendapatkan rizki dengan tanpa melakukan apa2, dengan bermalas2an. Bahwa benda apapun tidak ada yang bisa mendatangkan rizki selain atas berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.
Salam budaya :)


www.kerisfotopic.net

Previous
Next Post »