KANDA BASUKI,

KANDA BASUKI,
Adalah dapur keris lurus yang memiliki ricikan kembang kaccang, jalu memet, sraweyan serta greneng lengkap. Secara epitimologi, dapur Kanda Basuki dapat dimaknai menyampaikan sesuatu yang baik atau menyampaikan kebaikan. KANDA dalam bahasa Jawa artinya adalah menyampaikan sesuatu. Sedangkan BASUKI adalah sesuatu yang dianggap baik atau kebaikan.
Menyampaikan kebaikan, inilah yang ingin disampaikan oleh keris ini. Dan sepertinya saat ini cukup perlu untuk diugemi atau dipahami kita sebagai pecinta keris khususnya. BUKAN sesuatu tentang keburukan, tetapi sesuatu tentang kebaikan yang nantinya bisa menyejukkan hati, menenteramkan jiwa, bisa menggalang kebersamaan, persaudaraan, bukan malah sebaliknya, menimbulkan perpecahan atau permusuhan.
Ditengah situasi politik yang memanas, disaat akan dilakukan perhelatan akbar Pemilihan Presiden RI, tatkala para pendukung masing2 pihak banyak yang mulai mata gelap dalam menyampaikan dukungannya, saling menjelekkan satu dengan yang lain, saling tidak enakan antar teman, salingg ejek dan caci....., dan ketika itu mata hati sudah mulai dibutakan oleh kepentingan2 sesaat, kepentingan2 politik, kepentingan golongan, maka Kanda Basuki merupakan dapur keris yang perlu dilihat kembali sebagai sebuah benda yang memiliki nilai falsafah bagus. Mungkin karena partai kita, organisasi kita mendukung salah satu capres sehingga kita juga mati2an mendukungnya. Mungkin karena orang yang kita pandang, yang kita hormati yang kita anut memilih salah satu calon lalu kita juga mendukungnya. Apapun itu, yang utama adalah menyampaikan sesuatu kebaikan adalah lebih baik daripada caci maki.
Menyampaikan sesuatu yang baik...,
Aku sendiri sempat terhanyut dalam euphoria ini... tetapi ketika mengikuti perkembangan yang terjadi, kok aku mulai MUAK dengan berbagai aksi dukung mendukung yang sudah terkesan berlebihan. Calon 1 ada baiknya, tetapi ada pula sisi jeleknya. Demikian pula dengan calon nomor 2, pun ada kebaikan, tetapi ada pula kekurangan. Gerombolan yang mengusung mereka pun juga pernah melakukan tindakan korup. Masing2 ada yang sudah jelas2 tersandung dengan masalah hukum, tetapi ada pula kader2 masing2 pendukung juga melakukan aksi kebaikan untuk kemaslahatan rakyat. Disela2 keburukan, ada kebaikan. Diantara orang2 yang baik ada orang2 yang jahat. Dan masing2 pihak memilikinya.
Menyampaikan sesuatu kebaikan...., sudah saatnya kita lakukan. Menyampaikan hal2 yang baik dari masing2 pasangan calon adalah yang yg perlu ditonjolkan. Toh salah satu dari mereka nantinya akan menjadi pemimpin bangsa ini.
Dari keris untuk membentuk nilai2 & pandangan hidup yang lebih baik, maka keris akan menjadi hidup. Dan ketika aku mencintai keris..., mengapa tidak ?
Foto :
Keris lurus dapur Kanda Basuki pamor Kelengan tangguh Sumenep Daleman. Wrangka Sandang Walikat Deng Udengan Sumenep dengan landeyan ukir Capel lawasan.
www.kerisfotopic.net

Previous
Next Post »