METHUK,

METHUK,

Adalah lingkaran yang terdapat pada bagian pangkal Tumbak. Methuk dalam bahasa Indonesia berarti Bertemu atau Menemui. Bertemuanya antara Bilah Tumbak dengan Landeyan atau pegangan tumbak yang umumnya terbuat dari kayu.
Sebuah pertemuan harusnya menghasilkan sesuatu yang lebih baik. Pertemuan dengan apa saja dan siapa saja. Bertemu teman lama, saudara, orang lain, harusnya saling bisa memberi manfaat. Demikian pula jika bertemu dengan benda yang kita sukai, tentunya benda itu harus membawa manfaat baik untuk kita.
Kemanfaatan dari sebuah pertemuan ini yang perlu terus kita ingat. Jangan sampai sebuah pertemuan tidak membawa manfaat, atau malah membawa manfaat kurang baik. Selain itu, sebagai manusia, jika bertemu orang lain, sebisa mungkin kita membawa manfaat. Bukankah sebaik2nya manusia adalah yang bisa bermanfaat untuk orang banyak ?
Pada beberapa tumbak, terdapat Methuk yang polos baik berpamor maupun tidak, tetapi ada pula yang memiliki guratan2 seperti ini. Guratan2 ini menandakan bahwa dulunya Methuk tumbak ini memiliki kinatah. Terdapat Cacah gori atau guratan2 sebagai tempat untuk menancapkan emas. Sayang sekali emasnya sudah terlepas semua. Tumbak sepuh/lama tanggguh Sumenep.
Salam budaya :)

www.kerisfotopic.net



Previous
Next Post »