Jejeran Keris Temuan Sungai,


Jawa Timur, terutama daerah alisan sungai (DAS) Brantas, dari mulai Kediri sampai Mojokerto, masih menyisahkan banyak sekali artefak2 kuno peninggalan kerajaan2 Kediri, Kahuripan dan Majapahit. Dari mulai gerabah, keramik, peralatan2 kuno seperti Kapak, Pisau, berang dsb, sampai pada bilah keris beserta dengan jejeran (handle) yang masih terpasang.
Terutama keris dan jejeran, dulu ketika penambang pasir masih dilakukan secara tradisional (menggali dengan sekop), berbagai temuan2 artefak kuno ini banyak sekali yang masih dalam keadaan utuh. tetapi ketika proses penambangan sudah memanfaatkan alat modern dengan pompa (seperti facum cleaner), maka berbagai artefak tersebut banyak sekali yang keluar dari pipa dalam kondisi hancur. Sungguh sangat disayangkan memang.
Salah satu artefak yang biasa ditemukan adalah jejeran keris baik dari bahan kayu, tanduk, gading, bahkan perunggu. Bentuknya sangat variatif, dari mulai yang polos seperti bentuk Janggelan, sampai pada yang berbentuk hewan atau manusia atau raksaksa. Bahkan pernah beberapa kali ditemukan dari bahan emas dengan bentuk yang sangat indah.
Sungai2 di Jawa Timur, memang menyisahkan banyak sekali benda peninggalan yang masih relatif utuh. Asumsi saya, hal ini disebabkan karena kebanyakan sungai2 di Jawa Timur memliki dasar pasir dengan aurs yang relatif tenang. Pasir tidak terlalu memakan besi atau tulang ataupun gading. Dan arus yang tenang menyebabkan benda2 tersebut tetap terkubur di dasar sungai dengan sedikit sekali perpindahan posisi. Kalaupun berpindah mungkin hanya beberapa kilometer saja dari lokasi awalnya.
Dan sekarang, benda2 penemuan tersebut mulai banyak diminati oleh para kolektor sebagai benda koleksi yang sangat berharga. Bukan saja karena usianya yang sudah tua, atau juga karena mengingat kebesaran kerajaan2 di Jawa Timur di masa silam, tetapi juga karena sudah mulai sedikit sekali bisa ditemukan seiring dengan penggunaan alat2 modern untuk penambangan pasir sungai.
(Foto: Jejeran Penemuan dari bahan Tulang yang sudah membatu dengan lubang pesi kotak)


www,kerisfotopic.net


Previous
Next Post »