ILINING WARIH,

ILINING WARIH,
Disebut juga Banyu Mili oleh teman" di Jawa Timur. Merupakan pamor dengan teknik tempa miring, kumpulan dari alur" pamor yg berlapis" ditempa miring. Berbeda dengan pamor Adeg Mrambut yang cenderung lebih renggang dan pola garisnya tegas, Ilining Warih memiliki pola alur pamor adeg yang rapat berhimpitan dan berkelok" atau bergemlombang. Kadang beberapa bagian pamor menyatu bahkan terputus natural seperti alur air yang mengalir. Oleh sebab itu disebut Ilining Warih atau air yang mengalir. Oleh karena itu perlu kita lihat detail alur pola pamornya agar kita bisa membedakan mana" pamor Adeg Mrambut dgn Ilining Warih.
Air merupakan simbol kehidupan. Maka tak heran jika dalam berbagai literatur dikatakian bahwa pamor ini memiliki tuah untuk karejeken atau memudahkan pemiliknya memperoleh rejeki/rizki. Juga ada yang mengatakan bahwa pamor Ilining Warih memiliki tuah yg memudahkan pergaulan bagi pemiliknya. Ini karena sifat air yg adaptif terhadap lingkungan disekitarnya. Bisa mengalir kemana" jika ada ruang.
Oleh sebab itu, penamaan pamor keris tidak akan jauh dengan tuah atau manfaat yg dipercayai. Simbolisasi yg terdapat dalam pamor memiliki 


www.kerisfotopic.net

Previous
Next Post »