DEDER / JEJERAN

DEDER / JEJERAN....
Deder, demikian orang Jogja dan sekitarnya menyebut... Jejeran bagi masyarakat Solo, Masyarakat Jawa Timur menyebutnya Landeyan. Di Bali dan Lombok, pegangan keris ini dinamakan Danganan. Masyarakat Cirebon dan Jawa Barat menyebutnya Garan. Sedangkan masyarakat Bugis dan Sumatera menyebutnya Hulu atau Pangulu..... Demikian penyebutan bagi pegangan keris oleh masing" daerah... berbeda" tetapi tetapi semakna....
Deder atau pegangan melambangkan kuasa. Kuasa kita, manusia sebagai pemilik pusaka yang kita jadikan piyandel. Berada dalam genggaman tangan. Kita bisa melakukan apa saja terhadap pusaka yg kita miliki. Tetapi mari kita lihat kembali bentuk" deder yang ada. Dari mulai Nunggak Semi (Jogja-Solo), Donorilo (Sumenep), Togogan (Bali-Lombok), Buto Bajang (Cirebon), Anak Ayam (Sumatera) dan sebagainya...., bentuknya banyak sekali yang posisinya "menunduk". Yah... kalo diperhatikan memang sedikit sekali yg posisinya mendongak.
Memang sepertinya harus demikian, ketika seseorang memiliki pusaka, sesuatu yang dijadikan sebagai piyandel dan meyakini bahwa pusaka yg dia miliki memang ampuh..., tak perlu pembuktian lagi dia sudah menyadari hal itu, maka dia akan semakin rendah hati. Demikian pula orang yang memiliki pusaka berupa ilmu, ada ibarat lama "seperti padi, semakin berisi semakin menunduk".....
Deder kerispun sepertinya demikian.... Ketika seseorang memiliki kuasa untuk menghunus keris, terlebih dahulu dia harus mendundukkan hati, mengendapkan jiwa, apakah memang harus melolos pusaka dari wrangkanya ? Apakah memang saat itu benar" diperlukan untuk menghunusnya ? Untuk apa ? Apa manfaatnya ? Berbagai pertimbangan lahir batin harus diperhitungkan... Bukankah Keris jika menurut Sugeng WA adalah Mengker Kerana Aris... ? Mengendapkan pikir, ngeleremke ati secara dewasa dan bijaksana.
"Menundukkan kepala", mengendapkan hati bagi orang" yang masih memiliki hati nurani bukanlah kekalahan, tetapi adalah kemenangan melawan hawa nafsu... Sebuah perang yg jauh lebih besar kata Nabi. Kekerasan hati, kecongkakkan, kemarahan, adalah tanda dari ketidakmampuan kita... Ketidakmampuan totalitas karena orang yang marah, congkak, dihatinya hanya dipenuhi nafsu dan mudah untuk dikalahkan.
Selamat pagi temans smile emotikon
Semoga hati kita senantiasa dipenuhi rasa cinta kasih dan kedamaian.....
www.kerisfotopic.net

Previous
Next Post »