Rajamala

08.07
Rajamala
Adalah tokoh wayang cerita Mahabarata, Rajamala adalah putra angkat Resi Palasara dari padepokan Retawu dengan Dewi Durgandini putri Prabu Basukesti raja negara Wirata. Ia tercipta dari mala penyakit Dewi Durgandini (Dewi Lara Amis) yang tertelan seekor ikan betina. Ia tercipta berbarengan dengan saudaranya yang lain bernama: Kecaka (Kencakarupa), Upakeca (Rupakenca), Setatama, Gandawana dan Dewi Ni Yutisnawati (Rekatawati).
Rajamala juga mempunyai tiga orang saudara angkat lainnya yaitu: Bagawan Abiyasa putra Resi Palasara dengan Dewi Durgandini, Citragada dan Wicitrawiya, keduanya putra Dewi Duragandini dengan Prabu Santanu raja negara Astina.
Rajamala berwatak keras hati, berani, ingin selalu menangnya sendiri dan selalu menurutkan kata hati. Ia sangat sakti, tidak bisa mati selama masih terkena air. Menurut ketentuan dewata, hanya ada lima orang satria yang dapat mengalahkan dan membunuh Rajamala, yaitu: Resi Bisma, Adipati Karna, Baladewa, Duryudana dan Bima.
Rajamala akhirnya tewas dalam peperangan melawan Bima yang waktu itu hidup menyamar di negara Wirata dengan nama Balawa, sebagai tindakan Rajamala yang ingin menjamah Salidri nama samaran Dewi Drupadi.
Sedangkan di Kraton Kasunanan Surakarta juga ada Baita Rajamala yang artinya Kapal dengan nama Rajamala yang menyimpan sejarah panjang.....

www.kerisfotopic.net

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar