TIPS SEDERHANA MOTRET KERIS,


Bagi teman2 yg suka motret keris, terutama utk kebutuhan online, mungkin bisa memanfaatkan fasilitas sederhana seperti sterofoam (gabus), meja kecil pendek & kain keras warna putih atau terang.
Sterofoam kita gunakan sebagai reflektor, mengatur cahaya dari depan agar terpantul di sisi sebaliknya. Ini bisa mereduksi bayangan badan kita di meja tempat keris yg difoto. Jika tanpa seterofoam, bisa saja bayangan badan kita akan muncul, dan keris akan ada bayangan di satu sisi.
Meja pendek kecil kita gunakan utk menaruh keris, agar keris tidak kita letakkan di lantai, juga agar kita tidak terlalu membungkuk utk mengambil gambarnya. Tidak terlalu tinggi agar kita bisa dapat pengambilan seluruh bilah keris.
Kain keras atau yg biasa digunakan didalam krah baju, kain seperti kertas yg agak kaku kita gunakan sebagai background atau landasan keris yg difoto. Mengapa kita gunakan kain keras ? Kain ini tidak memantulkan cahaya. Berbeda dengan kain lain atau plastik yg bisa memantulkan cahaya.
Selain itu pemotretan perlu memanfaatkan sinar matahari, jadi tidak menggunakan blitz/lampu agar kualitas warnanya bisa natural.
Utk pengambilan foto jarak dekat (macro), pada kamera pocket digital sudah dilengkapi fasilitas ini, yaitu dengan menekan tombol yg ada gambar seperti bunga (kayak kartu kriting). Maka kita bisa dapat hasil clear utk macro. Sedangkan utk diafragma dan lainnya bisa kita set tergantung dengan kebutuhan (utk yg settingan manual). Sedangkan utk kamera SLR memang perlu melengkapi dengan lensa macro.
Dengan menggunakan fasilitas sederhana, berbekal kamera pocket seperti yg saya gunakan selama ini saya rasa sudah sangat cukup utk pengambilan foto keris. Kualitas foto yg bagus ini kita perlukan utk kebutuhan online, baik diskusi, pemaharan dan sebagainya. Sayang kalau kita punya kamera digital tetapi kualitas foto kita kurang bagus. Maksudnya bukan sayang ke kerisnya atau orangnya yg motret, tetapi sayang mata teman2 lain yg melihat foto keris itu... lama2 bisa kena rabun keris, hehehe....
Monggo dicoba agar kualitas foto kita lebih baik.
kerisfotopic.net

Previous
Next Post »