KINATAH KALA MAKARA,


Umumnya Kinatah dengan motif Kala-Makara ini disematkan pada Gandik keris yang tidak memiliki Kembang Kacang, baik yang luk maupun yang lurus. Kala-Makara, juga akan banyak kita jumpai pada berbagai candi yang tersebar di Nusantara, baik candi Hindu maupun candi Budha.
Dalam cerita Hindu dan Budha, KALAMAKARA itu awalnya berupa dewa yang tampan. Ia mendapat hukuman dan kutukan dari Sang Hyang Widi, berubah menjadi raksasa yang buas dan setiap binatang yang dijumpainya dimakan dan diterkamnya. Dan terakhir memakan tubuhnya sendiri dan tinggal kepalanya yang kita sebut KALAMAKARA itu.
Bentuk KalaMakara ini merupakan salah satu wujud ornamen figuratif yang memiliki fungsi spirutual, yaitu sebagai 'tolak balak' (pengusir roh-roh Jahat). Biasa kita menyebutkan penolak sial atau penolak ancaman batin yang tidak tampak secara lahiriah atau sesuatu yang tidak diinginkan. Karena itu penempatannya ada di pintu atau gerbang, dari mulai rumah2 sampai Candi. Haapannya agar segala hal yang buruk tidak bisa masuk ke wilayah yang dianggap suci atau pribadi.
Salaam,
 
kerisfotopic.net

Previous
Next Post »