KERIS TANGGUH SEGALUH,


Cukup unik keris dari tangguh yang satu ini. Paling mudah dikenali dari bentuk gandik yg menjorok ke depan, lebih menjorok dan lebih pendek daripada umumnya tangguh Pajajaran. Jika bilahnya luk, maka bentuknya kemba (tidak terlalu berlekuk), dengan lebar bilah yg relatif lebih lebar. Ada yg ngelimpa dan ada pula yang tipis. Gonjo tipis terkadang wuwung terkadang sedikit nyebit ron tal. Agak lebih sulit jika membuat perhitungan rancang bangunnya karena posisi gandik yg menjorok kedepan.
Hal yg menjadi perhatian utama ketika saya memilih keris tangguh ini adalah pada Kembang Kacang. Bentuk Kembang Kacang yg sangat tipis menyebabkan banyak sekali kembang kacang keris tangguh Segaluh sudah pugut (putus) karena usia dan kurangnya perawatan. Akhirnya banyak kita jumpai bentuk kembang kacang tangguh ini yg seolah2 nguku bima. Selain Kembang Kacang, bilah yg tipis juga menyebabkan tingkat korosinya juga lebih besar, sehingga banyak bilah keris2 tangguh Segaluh yg dibesut, dilaras dan tampak lebih ramping dari seharusnya.
Tetapi apapun, keris sepuh telah melampaui perjalanan waktu yg cukup panjang sehingga sehingga ada sebuah tingkat penerimaan sampai sejauh mana dia dikatakan relatif utuh dan layak untuk kita jadikan sebagai sebuah referensi. Terpenting usaha untuk merawatnya tetap kita lakukan dan kita pahami maknanya, maka dia akan menjadi sebuah pusaka bagi kita pribadi.
(Foto : Keris dapur Sempaner Tangguh Segaluh)

kerisfotopic.net


Previous
Next Post »