KERIS MADURA, jillid 2


Madura memang memiliki keunikan tersendiri. Dari mulai batik yg khas, budaya masyarakat peladang yg kental, juga pakaian dan taripun cukup khas. Salah satunya budaya Keris yg ada di Madura semenjak dulu dan sampai sekarang masih terus dilestarikan di sana. Pamor keris Madura sungguh memikat, rumit, tegas dan berkarakter. Tak heran banyak kolektor keris yg sudah memahami aspek garap & rancang bangun pamor sangat menyukai keris2 tangguh Madura.
Salah satu keris tangguh Sumenep Madura yg ketika Lomba Estetika kemaren di Jogja sangat menyita perhatian saya adalah keris dapur Jalak Ngore pamor Unthuk Banyu. Bukan saja di bilah, landeyan keris inipun cukup unik dan langka. Model Topeng Putra Satu yang juga baru saya lihat sekali itu. Danganan ini diputrani oleh Pak Aswin dan menjadi cover pada buku Pesona Hulu Keris karangan Mas TJ. Wrangka cukup garap model Daunan. Bagian gandar dibalut pendok Bunton Sumenepan dari bahan emas, yang walaupun buatan baru, tetapi tetap dibuat dengan motif Madura. Benar2 menunjukkan karakter Madura dari mulai keris sampai pada wrangka dan perabotnya.
Jika diamati detail pada bilah, pamor keris ini sangat tertata rapi. Nyekrak khas Sumenep. Selain itu bilahnya pun cukup utuh walaupun keris ini kalau saya estimasi dibuat pada era Mataram (abad 18-an). Diantara keris Sumenep pamor Unthuk Banyu, keris ini yg paling utuh dan bener2 bagus menurut pendapat saya. Monggo dilihat & dinikmati keindahannya.
Salaam,

Deskripsi :
Keris lurus
Dapur Jalak Ngore
Pamor Unthuk Banyu
Tangguh Sumenep Madura (Estimasi abad ke 18)
Wrangka Daunan Sumenep
Pendok Bunton Sumenep Bahan emas
Mendak Cungkup Sumenep bahan emas
Landeyan Topeng Putro Satu SUmenep bahan Gading
kerisfotopic.net

Previous
Next Post »