WARANGKA LADRANG JAWA TIMURAN,


Memang tampilannya agak berbeda dengan warangka ladrang Solo ataupun Jogja. Warangka Ladrang Jawa Timuran berpenampilan lebih tegas dan kokoh. Berperawakan lebih besar dan agak sedikit tebal menjadikan warangka Ladrang Jawa Timuran menjadi memiliki ke-khas-an tersendiri. Apalagi kebanyakan warangka Jawa Timuran menggunakan bahan kayu Timoho dengan motif pelet mbelang sapi atau nyeplok banteng, ngingrim-tutul, kendhit dan sampir serta motif Timoho lainnya, menjadikan wrangka Jawa Timuran makin berkarakter.
Warangka2 seperti ini sangat cocok digunakan untuk keris2 tangguh Jawa Timuran yang besar seperti Blambangan, Tuban, Madura dan Singosari ataupun keris2 yang memiliki ukuran besar dan terkesan bhirawa. Akan semakin menambah wibawa keris itu sendiri dengan di setting dalam wrangka yang sesuai.
Kesesuaian antara bilah keris dan warangka inilah yang nantinya secara pelan2 akan dipahami oleh pecinta budaya Tosan Aji sebagai sebuah seni tersendiri untuk menampilkan koleksi yang memiliki nilai2 estetis.
kerisfotopic.net

Previous
Next Post »