WARANGKA DAUNAN SUMENEP,


Madura, khususnya Sumenep, telah banyak memperkaya khazanah budaya Keris di Nusantara. Dari mulai garap kerisnya yang unik dengan karakter pamor gebyar (gumebyar) dan bentuk yang berbeda dengan umumnya keris di Jawa, juga menampilkan berbagai motif wrangka dan ukiran yang juga menunjukkan ke-khas-an lokal. Salah satunya adalah wrangka Daunan Sumenep.
Pada foto ini terlihat ada 2 wrangka Sumenep model Daunan. Sebelah kiri adalah wrangka Daunan Sumenep dengan pendok blewah perak dan dipadu deder atau ukiran motif Putra Satu dari bahan gading. Kesemua wrangka dan perabot adalah buatan lama, demikian juga mendak robyong yang menghiasi antara wrangka dengan deder. Yang menjadikan unik pada wrangka ini adalah pada bagian ujung angkup dan daunannya melengkung kecil membentuk patran. Sedikit ada kemiripan dengan wrangka Capil Sumenep, tetapi secara keseluruhan lebih dekat pada wrangka model Daunan walaupun ujungnya tidak lancip seperti umumnya wrangka daunan Sumenep lainnya seperti yang tampak pada wrangka sebelah kanan. Sebelah kanan adalah wrangka Daunan Sumenep dengan pendok krawangan dari bahan perak dengan deder ukir Donoriko dari bahan gading buatan lama.
Dari karakter wrangka dan deder yang digunakan pada sebilah keris, kembali akan menunjukkan ciri khas kedaerahan yang memperkaya khazanah budaya Tosan Aji Nusantara.
Salaam,

kerisfotopic.net

Previous
Next Post »