SEPASANG KERIS & TUMBAK,

07.47

Tumbak sebetulnya juga menduduki posisi yang sama dengan keris. Proses pembuatan dan materialnya pun juga sama. Terdapat banyak tumbak pusaka pada jaman dulu, seperti tumbak yg begitu legendaris, Kyai Baru Kuping", Kyai Plered, dan beberapa tumbak yang lain. Nah, banyak kalangan pencinta Tosan Aji yang terkadang kurang suka dengan tumbak. Mungkin ini karena kurang begitu bergengsi, atau kalau saya pikir lebih pada kemudahan kita membawanya karena seharusnya menggunakan landeyan yang panjang.
Tumbak sebetulnya sama2 menarik jika diamati dengan detail. Dan nilainya pun juga tidak kalah jika memang itu adalah tumbak yang bagus. Bagus dalam arti pakem, garap, besi dan pamor bagus. Saya beberapa kali sangat takjub melihat koleksi Pak Guritno yang berupa Tumbak. Ternyata tidak kalah indah dan menariknya. Beliau memiliki banyak sekali tumbak sepuh dengan pamor Dwi Warna, Tri Warna bahkan Panca Warna dan dikemas dalam tutup dan landeyan yang sungguh memikat. Bahkan ada pula tumbak Pancasula yang ketika saya amati tangguhnya Mataam dengan kinatah penuh (wedana sawelas).
Karena itu, jika kita ingin mulai mencintai Tumbak juga, maka bisa dimulai dengan mencari tumbak yang bisa kita pasangkan dengan keris2 kita. Misal anda punya Keris pamor Tejo Kinurung (seperti dalam foto), bisa disandingkan dengan tumbak pamor yang sama. SIlahkan mencobanya 

Salaam,
kerisfotopic.net

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar