SEPASANG KERIS & PEDANG,


Selain Keris dan Tumbak, Pedang juga memiliki daya tarik tersendiri. Tidak sedikit pedang yang bagus dan sangat layak dikoleksi. Selain memang besinya juga bagus, Pedang juga bisa menjadi salah satu pelengkap koleksi Tosan Aji. Dan memang, jarang sekali kita jumpai ada pedang yang benar2 bagus, apalagi dibalut dengan sarung yang orisinil buatan lama. Kebanyakan pedang menjadi kurang terurus karena fokus kita paling besar hanya pada keris. Padahal jika kita mau memilah dan mencari, masih banyak pedang2 yang bagus dan bisa menjadi salah satu referensi.
Pada contoh di foto ini, ketepatan saya memiliki keris dengan pamor Lingga Yoni Satriyo Pinayungan (bagian bawah ada 2 pamor Kul Buntet yang melebar dan lonjong, disambung dengan pamor adeg dan atasnya da pamor semacam anak panah). Beberapa waktu berselang, saya mendapatkan pedang dengan pamor yang serupa, demikian juga dengan besinya. Hanay saja pada pedang ini, ditengah pamor Adeg atau Sada SaLernya terdapat pamor Melati Rinonce. Tanpa saya mencarinya, saya menemukan tumbak dengan pamor yang sama tersebut. Hanya saja di foto warnanya agak berbeda karena kerisnya sudah saya warangi dan saya minyaki, sedangkan pedang belum diwarangi lagi dan belum diminyaki.
Aneh lagi, ketika saya sandingkan, ternyata condong leleh dari pedang dan keris ini sama. Hampir sebangun, padahal satunya berbentuk pedang dan satunya keris. Nah, hal ini yang perlu kita gali agar kita juga lebih memperhatikan Pedang agar tidak menjadi "anak tiri" ketika kita mengkoleksi Tosan Aji.
Salaam,

kerisfotopic.net

Previous
Next Post »