KERIS SUMENEP 2,

08.48

Sebagaimana umumnya, sebuah hasil budaya tidak akan lepas dari pengaruh kondisi sosio-kultural masyarakat lokal. Bahkan situasi politik & ekonomi serta geografis pun bisa ditarik menjadi bahan analisis tersendiri yg tentu sangat menarik atas langgam garap serta material yg digunakan dalam sebilah keris. Demikian pula dengan keris.
Disini saya tidak ingin membicarakan banyak tentang pengaruh berbagai faktor tersebut. Hanya ingin melihat pada keris ini dimana karakternya cukup tegas, gebyar, gagah dengan pamor yang mubyar. Seperti halnya budaya masyarakat Madura, dari mulai ukiran, dandanan sampai pada prilaku sosialnya cukup didemonstrasikan dalam bilah keris ini. Tetapi ada yg unik didalamnya, yaitu pamornya. Kadang mPu jaman dulu juga ingin membuat sesuatu yg berbeda. Make thing different. Seperti pamor pada keris ini yg sampai sekarang saya belum bisa menyebut ini termasuk pamor apa.
Monggo rekan2 jika ada yg memiliki referensi pamor seperti ini termasuk pamor apa, bisa dibantu penjabarannya.
Salaam,
kerisfotopic.net


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar