KERIS: Legenda & Mitos yang membuatnya semakin menarik,


Tak bisa dipungkiri, membicarakan Keris, akan selalu merembet pada ketakjuban kita terhadap berbagai legenda dan mitos yang melingkupinya. Keris mPu Gandring, Keris Kalamunyeng, Tumbak Baru Klinting, sampai2 ada yang saking karena ingin mendapatkan tumbak Baru Klinting, hingga tumbak Baru Kuping yang lubangnya dikasih kelinthingan sama si penjualpun dibelinya. Lantas keris yang bisa berdiri sendiri dengan diperintah ataupun ditegakkan oleh tangan manusia yang lantas berdiri tanpa ada penyangga apapun. Akhirnya bermunculanlah keris2 yang bagian pesi dan pucuknya dipapak (dibuat datar) sehingga bilah kris itu bisa dengan seimbang berdiri. Terutama dibuat dari keris2 yang besar bagian pesinya dan bilahnya. Dan tak ayal, berbagai keinginan dari orang2 yang nganeh-anehi tersebut disediakan oleh pasar. Keris yang bisa keluar asap, keris yang bisa nyetrum, yang bisa bergetar, adapula yang bisa mendatangkan lebah putih (Klanceng) karena diberi sesuatu minyak dan sebagainya. Pasar..., dengan segala kecerdasan merespon permintaan, telah mampu menyediakan itu semua. Jangankan keris, bahkan Jenglotpun dan batu yang bisa menyala ataupun bergetar bisa disediakan kok.

Ditengah gelapnya pemahaman tentang keris tersebut, mitologi dan legenda menjadikan keris lebih menarik dan layak jual. Sangat cukup digunakan sebagai bahan marketingan tanpa harus mempelajari aspek utama keris itu sendiri, yaitu berbagai prosesi dan teknik sampai pada kualitas tempa dan garap bilah keris. Menjual keris dengan berbagai bumbu mistik akhirnya yang terjadi di lapangan banyak yang mengesampingkan wujud keris itu sendiri, baik si penjual maupun si pembeli. Entah keris itu garap atau tidak, wangun atau kurang, tua atau baru (kamardhikan), owah2an (ubahan) atau orisinil dan sebagainya, yang penting diyakini keris itu bertuah. Walhasil, kondisi pasarpun semakin semarak dan pembeli2 banyak berdatanganpun juga bergelimpangan ketika sudah menghabiskan dana besar untuk membeli keris2 yang aneh2 seperti itu lantas mengetahui adanya berbagai trik dan intrik tersebut. Dengan adanya berbagai trik dan intrik itulah akhirnya "Keris Mahanani", atau keris yang memang memiliki tuah atau kelebihan ketika dipegang oleh seseorang yang juga memiliki "kemampuan" menjadi kurang begitu diyakini lagi. Semisal, pernah ada keris yang membuat seisi rumah berbau harum bunga, atau keris yang dibawa seseorang yang memang secara spiritual memiliki kemampuan untuk menolak turunnya hujan, keris yang ketika kita memaharinya lantas bermimpi ditengah sadar dan tidur didatangi seseorang atau harimau yang menyatakan ingin mengabdi, keris kecil yang ketika ditancapkan di gelas aqua lantas di tembak dari jarak dekat gelas itu tidak pecah... dan sebagainya...

Nah, dari sini sesungguhnya yang kita perlukan adalah mencermati, membaca dan memahami berbagai legenda dan mitos tersebut secara lebih cerdas. Kritis, sehingga bisa memilah2 mana saja berbagai mitos dan legenda itu yang memiliki makna simbolis, kiasan (sanepa) dan mana2 yang memang memiliki kemampuan lebih. Tapi ini sungguh sangat sulit. Batasan yang tipis antara menjaga aqidah - keimanan dengan mempercayai tahayul, bersinggungan dengan apa yang oleh awam disebut khodam, ataupun kegiatan yang dipandang "klenik" oleh masyarakat umum. Iman kepada hal yang ghaib adalah wajib hukumnya, tetapi mengimani bahwa manusia bisa membuat benda yang hidup adalah haram. Dari prinsip ini, kita kembali menempatkan keris pada porsinya, dimana Keris, apapun wujudnya, bagaimanapun bentuknya dan apapun yang konon dikatakan memiliki khasiat tertentu, adalah manusia yang membuatnya dan tidak dapat "hidup". Keris adalah tetap benda mati yang tidak memiliki kuasa. Tetapi, mitologi telah menjadi sebuah kepercayaan dalam sanubari manusia dan tentunya ini sangat sulit untuk ditepiskan. Perlu perenungan mendalam sampai pada titik tertentu kita mendapatkan pemahaman yg tidak sampai menggoyahkan aqidah kita.

Lantas dimana titik temu antara ke-gaib-an sebilah keris dengan berbagai tuah yang diyakini ada dengan pemikiran yang cerdas dan kritis terhadap berbagai fenomena yang ada seputar mitos dan legenda keris2 sakti tersebut ? Ada beberapa asumsi semisal, si mPu yang membabar sebilah pusaka tersebut harus melakukan samadi, mendekatkan diri kepada Sang Maha Agung, tirakat, bermunajad untuk mendapat petunjuk atas dapur dan pamor keris yang dibuat, melakukan berbagai ritual religius dengan berbagai pengharapan yang tentunya ditujukan kepada Sang Khaliq, Tuhan penguasa semesta alam, yang lantas dari sana keris memuat harapan dan doa. Ada juga karena simbolisasi dan filosofi yg terdapat dalam sebilah keris, misal dapur dan pamor, yang sesuai dengan harapan si pemesan atau pemilik menjadikan adanya sinergi antara pengharapan dan sugesti sehingga orang tersebut melakukan hal2 baik sebagaimana yg disimbolkan dalam keris tersebut. Selain itu, bisa saja keris akan lebih ada manfaat ketika dipegang oleh orang yang memiliki daya linuwih (kelebihan olah daya & rasa - spirituil). Kita asumsikan, misal ada anak kecil yang belum tahu apa2 lantas kita sodori remote TV dan kita minta memencet chanel Metro TV misalnya, tentu akan sulit bagi si anak karena ketidaktahuannya tersebut. Atau semisal ada anak yang baru belajar naik motor lantas kita suruh nyetir Kawasaki Ninja yang underbone untuk dragrace, tentu malah akan celaka karena bisa saja nabrak gak karuan. Tentu semua membutuhkan proses panjang yang harus kita lakukan sendiri untuk menyelami dan mencari titik temu berbagai seputar mitos kesaktian keris. Dan semua itu kembali kepada masing2 pribadi, merenungi apa dan bagaimana metode kita untuk mencari titik temu tersebut. Masing2 dari kita tentu memiliki alasan dan kepercayaan. Tetapi terpenting kita kembalikan kepada esensinya, bahwa keris adalah benda yang mati yang tidak bisa memiliki kuasa sehingga tidak layak untuk dimintai sesuatu seperti jabatan, kekayaan, menyelesaikan sebuah masalah yang menerpa, dan sebagainya. Selebihnya soal energi ataupun daya, kita kembalikan kepada kemampuan kita masing2 untuk menjadikannya itu semua membawa manfaat baik.

kerisfotopic.net

Previous
Next Post »