KERIS KUNO DENGAN DEDER EMAS,

kerisfotopic.net

Pernah dalam beberapa tahun lepas, saya memperoleh keris hasil penemuan sungai dalam kondisi yang sudah sangat kotor berbalut lumpur dan pasir. Tampak memperihatinkan dengan bilah yang ramping lurus. Kesan awal sangat kurang menarik......., sampai pada saat coba lepaskan perlahan2 lumpur dan tanah yang menempel.
Dan sungguh membuat terperanjat .... ketika melihat pada bagian Deder (handle) keris ini yang berwarna kuning. Seolah tak percaya, heran dan senang.. ternyata Deder keris yang awalnya berbalut lumpur dan tanah tersebut ternyata terbuat dari emas.
Memang terdapat beberapa keris dari jaman dahulu yang pada bagian handle ataupun methuk (mendak) terbuat dari bahan emas. Diistilahkan Emas Budha karena mungkin dipikir eranya pada masa Kabudhan. Bentuk handlenya pun bermacam2, dari sederhana seperti Janggel, berbentuk seperti gagang lurus begitu saja sampai dengan yang berbentuk seperti orang.
Pada keris in, handle berbentuk seperti seorang Pandhita yang menggunakan ikat kepala seperti surban yang dilingkarkan (digelung) menyamping dengan jubah. sosok mPu Barada dengan jubah dan surban seperti ini smile emotikon Beberapa bagian sudah agak penyok2 tetapi secara umum masih tampak utuh.
Penemuan dari sungai seperti ini memang sangat jarang sekali ditemui. Tetapi ini menunjukkan bahwa budaya kita sangat kaya. Memuat nilai2 estetis dan bercitarasa tinggi... Tinggal sekarang kita meneruskannya agar budaya itu tetap lestari...
Salaam,

Previous
Next Post »