Pesona Pamor TAMBAL WENGKON

Pamor ini merupakan perpaduan dari 2 pamor dalam satu bilah keris. Yaitu pamor Wengkon dengan Pamor Tambal di tengahnya.
Pamor Wengkon adalah pamor berupa garis yang melingkupi tepi bilah keris. Seperti frame. Sedangkan pamor Tambal adalah pamor seperti tambalan di tengah2 bilah keris yang jumlahnya bervariasi dari 5,6, 7, dst.
Pamor Wengkon ini perlambang perlindungan, atau melindungi. Bisa saja diartikan kita sebagai pemilik pusaka harus mampu melindungi diri, keluarga dan lingkungan sekitar kita dari hal2 yang kurang baik atau yang tidak diinginkan. Hidup ini terdapat paugeran, norma2 yang merupakan aturan2 lainnya. Disitulah kita berada. Ada frame yang perlu kita ikuti agar kita bisa terlindung dari sesuatu yang tidak diinginkan. Tetapi kita tidak bisa begitu saja melindungi tanpa menutupi segala kekurangan yang ada. Tambal maknanya menutupi sesuatu yang lubang. Diartikan kelemahan2 dalam diri kita. Jika kita bisa menutup kelemahan2 yang ada pada diri kita, maka kita juga akan terlindungi dari hal2 yang tidak diinginkan.
Misalnya, kita memiliki kelemahan iman, kelemahan pemahaman, dan kelemahan lainnya, maka jika kita bisa menambal, menutupi kelemahan itu dengan cara belajar, maka kita akan lebih mampu melindungi kita terhadap godaan2 dari luar.
Seperti contoh begini...., misal kita suka akan keris. Sebelum kita membelinya, kita harus memiliki bekal pengetahuan atas keris itu sendiri. Tanpa itu maka kita akan keblondrok atau tertipu dalam membeli keris. Kita berharap membeli keris tua, tetapi ternyata dapat keris baru yang dituakan. Kita ingin membeli keris baru yang berkualitas, karena kurangnya pemahaman terhadap para penggarap keris (mPu), maka kita akan memperoleh keris yang kurang berkualitas tetapi dengan harga yang mahal. Untuk itu kita harus menutup kekurangan diri kita dengan belajar.
Ini pemahaman sedikit tentang pamor Tambal Wengkon. Kita masing2 bisa menarik kesimpulan atas pemaknaan sebuah pamor sesuai dengan kondisi dan harapan pada diri kita masing2. Itu akan lebih berkesan dalam menyimpan keris karena sesuai dengan diri pribadi masing2.
Selamat menjalani tahun baru 2016.
Semoga kita semua mendapat perlindungan dari Tuhan YMK
Serta mampu menutupi kekurangan2 untuk melangkah kedepan yang lebih baik, aamiin...
Previous
Next Post »