Pesi

09.15
Makna harfiahnya berarti "open" atau terpelihara. Dalam anatomi keris, Pesi adalah besi yang tersembunyi berada dalam ukiran atau hulu (handle) keris yang biasa digenggam ketika seseorang memegang keris. Ada yang bentuknya bulat, kotak ataupun oval. Pesi keris tangguh Singosari umumnya berbentuk kotak. Untuk tangguh Kahuripan & Kediri umumnya oval, dan kemudian tangguh selanjutnya umumnya bengtuk besi pesi sudah bulat. Panjang Pesi umumnya sepanjang gonjo keris dengan besi yang sama seperti bilahnya.
Pesi merupakan simbolisme adanya usaha untuk selalu menjaga & memelihara (open) terhadap Pusaka (keris) yang kita pegang. Segala sesuatu yang menjadi milik kita harus benar2 kita jaga & perjuangkan karena semua itu adalah pemberian dari Shang Hyang Agung atau Tuhan Yang Maha Kuasa. Ibaratnya kekuatan, maka manusia harus mampu hidup sendiri dengan memperjuangkan dan menjaga apa yang dia miliki atau apa yang dia inginkan. Semua itu ada dalam genggaman tangan jika kita benar2 memiliki niat & usaha keras. Manusia harus mampu hidup berdiri di atas kaki sendiri. Dunia ada di dalam genggamannya. Kekuatan diri yang diartikan sebuah kepercayaan merupakan alat untuk menaklukkan dunia. Kebetulan yang ada di dalam genggaman adalah sebilah keris. Senjata yang melambangkan alat menempuh kehidupan. Diharapkan berpegang pada kearifan hidup yang tergambar lewat keris, manusia bisa selamat di dunia dan akhirat.
PESI juga disimbolkan sebagai "Pesen kang Sinandi, papane siningid" atau pesan yang tersembunyi yang tempatnya juga tersembunyi (karena berada di dalam ukiran). Ini karena orang Jawa sering menyembunyikan sesuatu, entah berupa petuah, ilmu atau sesuatu (budaya/ajaran) yang perlu dikaji, diteliti sembari mawas diri tentang warisan leluhur.
Pepatah menyatakan, "nora golek misuwur kanthi peparinge leluhur, ananging tumindak luhur sarana piwulange leluhur". Jangan mencari ketenaran lewat warisan barang dari nenek moyang, tetapi carilah nama harum dengan bertindak selaras dengan nasehat dan ajaran nenek moyang. Maka, Pesi berarti papane sinandi atau siningid dalam genggaman tangan.
(P E S I)

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar