PENGARUH MPU MADURA,

PENGARUH MPU MADURA,
Tidak bisa disangkal lagi bahwa mPu Madura dari dulu sampai sekarang banyak berperan dalam perkembangan budaya Keris. mPu Koso telah memberikan banyak ide dalam pembuatann pamor2 miring. Dari catatan teman Bali, mPu Madura juga telah turut mengembangkan keris di Bali. Sedangkan era Mataram Sultan Agung, banyak mPu Madura tentunnya juga ikut diboyong oleh Cakraningrat. Sampai pada era Amangkurat sampai Paku Buwana, beberapa mPu keturunan Madura seperti Braja Karya & Braja Sentika juga turut mewarnai pengembangan budaya keris di Mataram.
Pada puncaknya dikenal seorang mPu yang sangat dikagumi dan disegani oleh banyak kalangan perkerisan sampai saat ini, yaitu mPu Brojo Guno. Karyanya sangat berkarakter dengan wasuhan matang dan pamor yg atraktif. Condong leleh cukup khas dengan ketebalan bilah cukup tebal dengan tantingan berat. Karya Brojoguno ini seakan berusaha menjadikan keris tangguh Singosari sebagai patron utama. Gulu meled lebar dengan sirah cecak besar dengan gandik tebal dan memiliki ada2 tegas.
Kualitas tempa mPu Brojo Guno tidak dipungkiri lagi memang benar2 sangat bagus, matang dan menjadikan besi trkesan padat. Bentuk luk tidak terlalu rengkol, tapi juga tidak terlalu kemba. Terkesan kuat dan gagah. Mrabawani karena sangat berkarakter.
Kembali bahwa mPu dari Madura benar2 memiliki talenta yg bagus dalam mengembangkan budaya keris. Bahkan Sampai sekarangpun, teman2 dari Madura (Sumenep) masih terus berkarya menampilkan keris dengan berbagai langgam. Mungkin bagi yang belum begitu memahami seni tempa dan teknik pembuatan keris, hal ini dipandang sebelah mata, padahal realitas menunjukkan begitu cerdasnya para mPu Madura mengembangkan teknik2 tempa dan penataan pamor dan begitu atraktifnya karya yg telah dikembangkan.
(Foto : Keris karya mPu Madura tangguh Surakarta Paku Buwana)
Previous
Next Post »