PAMOR LAR GANGSIR,

PAMOR LAR GANGSIR,
Lar Gangsir dalam arti harfiah adalah sayap gangsir atau jengkrik. Alur pamor dihasilkan dari lipatan & puntiran sehingga menjadikan pamor ini terkesan rumit alurnya seperti halnya alur ruas2 pada sayap jengkrik.
KONON pernah Sunan Kalijaga menghadiahkan sebilah keris pusaka kepada Raden Patah (Raja De...mak) ketika awal diangkat sebagai Nata. Keris tersebut berpamor Lar Gangsir, sebagai sebuah pengingat.
Lar Gangsir bisa saja memiliki kepanjangan : geLAR aGemAniNG SIRa, yang memiliki muatan bahwa sesungguhnya Gelar, apapun gelar yang kita sandang, dari mulai Ketua RT sampai Presiden, dari Bekel sampai Ratu, dari Tukang Sapu sampai CEO, semua itu hanyalah gelar keduniawian. Masing2 mempunyai posisi & peran yang berbeda tetapi sesungguhnya di mata Tuhan kita tak berbeda. Pembelajaran jangan sok, ojo dumeh, ojo gumelar..., bisa berempati juga tertuang dari pamor Lar Gangsir ini.
Gelar yang sesungguhnya adalah seberapa jauh kita memahami jati diri kita sebagai manusia. Kadar keimanan kita dan sampai seberapa jauh kita mendedikasikan diri kita untuk manembah kepada Gusti Kang Maha Agung & bisa membawa diri dalam setiap langkah hidup kita..... dan gelar itu kita bisa ketahui setelah kita menghadap kepada Sang Khaliq.
(PAMOR LAR GANGSIR)
Previous
Next Post »