MEMILIH KERIS SEPUH,

MEMILIH KERIS SEPUH,
Sebetulnya tips memilih keris sudah sering kali dilontarkan oleh para pekeris yg memiliki pengetahuan lebih baik. Ada beberapa variabel yang perlu diperhatikan. tetapi variabel ini tidak akan berguna jika pemilihan keris hanya dilandaskan pada Roso, Khodam, Tuah, Yoni dan atau karena kesukan subyektif semata. Variabel ini akan berguna jika seseorang ingin mengkoleksi dengan harapan mendapatkan keris yg berkualitas dari berbagai aspek.
Minimal beberapa variabel tersebut adalah;
Wutuh = bilah dan ricikan yang utuh,
Wesi = kualitas material besi dan wasuhan yg bagus,
Garap = kualitas pembuatannya, baik garap bilah, ricikan maupun pamor,
Pamor = material & kualitas pamor bagus & polanya yg rapi & indah,
Wangun = Adanya harmonisasi dari garap bilah, ricikan sampai pada bentuk totallitas,
Tangguh = Jika memilih keris sepuh harus jelas tangguhnya, dalam arti benar2 keris sepuh, bukan keris baru yg dituakan ataupun keris tua yang telah dirombak.
Aspek di atas seolah2 mudah dipahami dan diimplementasikan, tetapi sesungguhnya rumit karena terkait dengan wawasan, sumber & narasumber yg tepat, arah minat pribadi, maupun keterbukaan diri utk menerima saran. Kekurangmampuan dan keterbatasan membuka wawasan, kurangnya ketelitian & kecermatan dalam mempelajari serta hanyut dalam arus informasi yg menyesatkan akan menyebabkan kurangnya kualitas keris yg kita koleksi.
Selain itu tentunya biaya yg cukup sangat dibutuhkan. Mengkoleksi keris akan membutuhkan dana yg tidak sedikit, karena itu jangan terlalu terburu2 dalam memahari keris. Memilih dan memilah harus benar2 ketat agar mendapatkan koleksi yg sesuai dengan harapan.
Monggo bagi yg ingin menambahkan variabel2 utama dalam memilih keris yg baik dan sesuai dengan harapan...... Semoga bermanfaat.
(Foto = Keris dapur Kidang Milar pamor Kelengan)
Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar