Kinatah motif Lung Krokot

KINATAH LUNG-LUNGAN,
Dalam budaya keris, terdapat istilah Kinatah Lung-lungan. Lung berarti sulur, diambil dari sulur pada tanaman Ketela rambat. Dari situ akhirnya muncul motif Lung-lungan yang berarti semacam sulur.
Lung-lungan ini umumnya mengambil unsur tumbuh-tumbuhan seperti Lung Kamarogan, Lung Anggrek, lung Krokot (seperti pada foto di atas adalah kinatah dengan Lung Krokot), Lung Terate dan sebagainya. Unsur Alam, selalu terkait dan dikaitkan dalam sebuah budaya, bukan hanya di Keris atau Tosan Aji. Di budaya Batik dan Ukiranpun, menggunakan motif Lung-lungan atau sulur-suluran. Sepertinya, para seniman kita jaman dulu ingin memadukan beberapa unsur dalam semua karyanya, yang salah satunya adalah unsur alam.
Hal ini menunjukkan bahwa sesungguhnya, manusia hidup tidak akan terlepas atau melepaskan diri dari alam sekitar. Dan karena itu, manusia harus bisa memanage alam dengan sebaik2nya. Jika alam bisa lestari, maka kehidupan manusia di duniapun juga akan terjaga. Pandangan ini bisa saja ditarik ke pemikiran yang lebih mendalam lagi jika dikaitkan dengan masing-masing motif kinatah pada sebilah keris. Sumonggo maasing-masing kita untuk lebih merenungi makna-makna apa saja yang terkandung dalam budaya tosan aji.
Salam budaya,
(Foto : Kinatah motif Lung Krokot)
www.kerisfotopic.net

Previous
Next Post »