KERIS TANGGUH PAJANG

08.49
,
Bagi yang sudah terbiasa mungkin akan mudah mengenai masing2 langgam Keris, salah satunya tangguh Pajang. Penampilannya terkesan gagah dengan bilah yang umumnya panjang. Lebih panjang dari pada keris tangguh Mataram, Majapahit ataupun Tuban. Ini karena keris tangguh Pajang umumnya memiliki panjang sekitar 38-40 cm. Entah, jika kita tarik pada kondisi kultural masyarakat Pajang yang dalam era konflik, orangnya diasumsikan berperawakan gagah dan tinggi besar serta digdaya, mungkin menjadikan karakter keris Pajang ini menjadi lebih bhirawa dan kesannya lebih besar daripada keris2 tangguh Majapahit & Demak.
Keris2 Pajang umumnya memiliki bilah yang relatif tipis dan lebar. Lebih tipis dari keris tangguh Mataram Surakarta. ataupun Tuban umumnya. Blumbungan dan sogokan lebar dengan gonjo tipis dan nyebit rontal dengan sirah cecak relatif lancip. Luk terkesan kemba dengan kembang kacang nggelung wayang. Penerapan pamor pandhes dan lebar. Ini merupakan karakter umum keris2 tangguh Pajang walaupun ada beberapa keris tangguh Pajang yang menampakkan karakter agak berbeda dari umumnya.
kerisfotopic.net

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar