KERIS SUMENEP dan PENGARUH PAJAJARAN,


KERIS SUMENEP dan PENGARUH PAJAJARAN,
Terdapat beberapa keris tangguh Sumenep, umumnya yang berdapur Brojol memiliki kemiripan dengan keris tangguh Pajajaran. Hal ini terutama jika dilihat dari bagian gandik yg lebih menonjol/maju dengan bilah tipis, gandik tipis, sirah cecak tipis membulat dengan gonjo nguceng mati. Tetapi jika kita melihat pada dedeg atau bilahnya yang lebih panjang jika dilihat dari perbandingan2 ukuran ricikan lainnya, pamor lebih nyekrak serta serat besi yg lebih tegas dan pijetan kotak, maka akan terlihat adanya perbedaan tersebut. Walaupun jikalau ada yang dirombak bagian ujungnya dan dipendekkan, masih terlihat kontur bilah serta gandik Sumenepnya yg khas.
Beberapa yang kurang memahami keris tangguh Sumenep akan menangguh keris2 seperti itu sebagai keris Pajajaran, apalagi jika wrangka yang digunakan adalah selain Madura, misal Solo ataupun Cirebon. Disinilah wawasan kebhinnekaan, pemahaman atas pengaruh antar tangguh serta intensitas melihat keris2 yg beredar menjadi sangat perlu.
Keris pada foto ini ditangguh Sumenep bukan karena wrangkanya yang menggunakan Daunan Sumenep, tetapi keris dapur Brojol dengan pamor Bhire ini ditangguh Sumenep karena karakternya memang masuk pada keris tangguh Sumenep. Saya coba share karena mengamati beberapa keris seperti ini ketika keluar dari tlatah Wetan, penangguhannya geseh menjadi Pajajaran. Sebetulnya hal ini tidaklah bisa disalahkan mengingat jika ditarik jauh ke belakang, terdapat semacam akulturasi pada budaya keris antara mPu2 dari Pajajaran dengan para mPu dari Sumenep. Akulturasi inilah yang menorehkan langgam Pajajaran pada keris2 tangguh Sumenep seperti ini.
Dengan adanya perpaduan inilah menunjukkan bahwa budaya keris itu sangat kaya studi, menunjukkan dari dulu ada daya respon antar budaya yang berkembang dan toleransi. Perbedaan yg ada tidak makin diperuncing menjadi seolah2 masalah, tapi malah dipertemukan..., dipadukan sebagai semuah berkah untuk semua, bukan hanya berkah untuk pribadi2.


(Foto: Keris Dapur Brojol pamor Bhire tangguh Sumenep).
Previous
Next Post »