KERIS KARYA KI SUKAMDI,

KERIS KARYA KI SUKAMDI,
Di Solo terdapat seorang pembuat keris yang dikenal berpenampilan sederhana dengan celana jeans dan topi kabaret klasik yang tak enggan menemani kemanapun dia pergi. Dia adalah Ki Sukamdi. Dikenal sebagai salah seorang pembuat keris yang mumpuni. Karya2nya sangat disukai oleh para kolektor keris dan banyak memenangi berbagai penghargaan. Salah satunya adalah Kyai Gelombang Cinta yang memang memiliki bentuk mirip daun Gelombang Cinta.
Ki Sukamdi benar2 bertalenta dan sangat piawai menggoreskan ekspresinya dalam rupa bilah keris. Tegas dan berkarakter, itulah kesan yang bisa kita tangkap dari berbagai karyanya. Umumnya karya pria yang memiliki hobi memancing ini menggunakan besi kelengan. tetapi bagi yang sudah memahami karya beliau, besi Kelengan yang digunakan sangat khas dan berbeda dengan besi kelengan yang digunakan oleh pengerajin keris lainnya. Besi yang digunakan Ki Sukamdi terkesan padat dengan alur serat yang indah.
Dalam menorehkan ricikan, Ki Sukamdi terkesan tegas dan lugas. Tikel alis, lis gusen, sogokan, kruwingan, pijetan sangat dalam dan terkesan tegas. Seolah karya Ki Sukamdi memadukan antara seni grafis dengan pakem dan seni pahat besi sehingga keris2 yang dihasilkan memiliki keindahan, ketegasan serta keluwesan garap. Sekali salah atau meleset dalam penggarapan, maka harus mengulangi dari awal lagi mulai kodogan.
Jika diamati detail terkait dengan langgam, seolah Ki Sukamdi berusaha kembali ke masa kejayaan kerajaan Singosari, dimana keris2nya juga memiliki karakter tegas. Sirah cecak besa lancip, gandik tebal, gulu meled lebar, kepet gonjo mbuntut urang dan condong leleh yang pas sehingga luknya terkesan indah. Tak salah jika patron keris2 Singosari seolah hadir kembali dalam karya2 mPu sepuh dari Solo ini. Karena karakter dan keindahannya tersebut, maka tidaklah salah jika karya Ki Sukamdi ini banyak mengilhami para pengerajin keris muda lainnya. Menggarap bilah keris dengan tanpa keraguan.



(Foto : Keris karya Ki Sukamdi)
Previous
Next Post »