KEMBANG KACANG,

07.48

Ada salah satu ricikan Keris yang disebut Kembang Kacang atau Sekar Kacang yang bertempat di depan-bawah bilah keris atau yang disebut Gandik. Selain disebut Kembang Kacang, ada pula yang menyebutnya Telale Gajah karena bentuknya yang mirip dengan belalai gajah. Bentuk Kembang Kacang itu sendiri bervariasi, ada yang disebut Kembang Kacang Bungkem, Nggelung Wayang, ada yang Nyunthi,Pogog seperti hidung raksasa di pewayangan yang lantas disebut Ngirung Buto, ada yang Nyucuk Peksi karena bentuknya seperti paruh burung yang sedang mematuk (Jawa = Nyucuk), ada pula yang Nguku Bima karena bentuknya mirip dengan kuku Bima dalam wayang Purwa.
Pada keris dibawah ini bentuk Kembang Kacang lebih seperti paruh burung garuda. (Pada bagian atas Kembang Kacang dan Wadidang, terdapat kinatah pola bunga memang orisinilnya dan sebagian di belakang sudah agak aus). Lantas apakah kembang kacang seperti ini masuk ke Nguku Bima ataukah ada penyebutan lain ? Mohon masukannya
(Kembang Kacang)

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar