KANDAS WOJO

,
Bagi yang belum memahami apa itu Kandas Wojo, akan heran dan menganggap kurang bagus ketika terdapat bagian sogokan keris, terutama pada keris2 era Surakarta Mangkubumen, Paku Buwana dan Hamengku Buwana yang tidak berpamor dan menampakkan besi didalamnya dengan jelas. Demikian juga bagi yang belum memahami apa itu seni tempa & garap keris, akan kurang memahami apa itu yang disebut kandas wojo ketika sebilah keris seolah2 pamornya terkelupas habis sehingga memunculkan besi dibalik pamor. Menganggap bahwa dari awal dulu seluruh bilah keris dilumuri pamor (selain pada keris kelengan). Atau akan heran ketika terdapat keris yang pada bagian Blumbungannya (pijetan) dibuat sangat dalam sehingga pamor diatasnya hilang dan menunjukkan besinya yang hitam. Dengan demikian, Kandas Wojo dipahami sebagai sebuah kekurangan dalam penggarapan sebilah keris.
Jika demikian, tentu saya akan sangat senang sekali karena keris2 tangguh Surakarta Mangkubumen, Hamengku Buwana dan Paku Buwana yang garap bagus memiliki kandas wojo di bagian Sogokan serta pijetan menjadi kurang dihargai... karena nilainya menjadi murah.... smile emotikon
Kandas Wojo adalah bagian dari hasil olah garap bilah oleh seorang mPu. Beberapa tangguh keris memiliki karakter dimana bagian besi dan garap menjadi lebih utama dari sekedar pamor. Misalnya keris garap era Mataram Senopaten & Sultan Agung yang pembuatan pada bagian Sor2an digapit pamor sehingga walau dalam digerus untuk membuat pijetan dan sogokan tidak akan tampil besi dibagian dalamnya. Sedangkan para keris2 Majapahit dan Nom2an akan berbeda karakter garapnya. Monggo bagi yang belum paham bisa memprhatikan kembali garap masing2 tangguh keris.
(Keris Kandas Wojo)
Previous
Next Post »