GRENENG,


Pada bagian Gonjo keris tedapat hiasan atau ricikan yang disebut dengan Greneng. Terdapat 2 buah huruf Dha (Jawa) yang jika disatukan maka disebut Dha-Dha (Baca = Dada). Gonjo adalah landasan atau seperti pondasi dari bilah keris. Posisinya horizontal, berbeda dengan bilah yang tegak (vertikal).
Keris adalah sebilah senjata yang juga piyandel atau pusaka. Keris juga merupakan simbolisasi dari hidup manusia. Sebelum menghunus keris, seseorang harus ingat kepada ricikan ini (DhaDha/Greneng)... Dalam menjalani hidup, manusia harus memiliki pondasi, yaitu lapang dada, sabar dan tawakal. DhaDha (baca : Dada) sebagai simbol dari kesabaran hati, tawakkal dan ikhlas. Jika seseorang memiliki kesabaran, maka segala apa yang dijalani akan terasa indah, mudah dan nyaman. Tuhan mengatakan, "Jadikan Sabar dan Shalat mu sebagai penolong".
Dengan demikian Sabar menjadi seperti pondasi manusia dalam menjalani berbagai permasalahan hidup. Tanpa kesabaran seseorang akan mudah menyerah, mudah emosi, mudah tersinggung, serta hal2 yang kurang mendukung lainnya.
Dan alangkah indahnya jika dunia ini dihiasi oleh orang2 yang sabar....
(Greneng)
Previous
Next Post »