GANDIK SUNGENEP,

GANDIK SUNGENEP,
Keris tangguh Sumenep memiliki sangat banyak varian. Ini bisa saja terkait dengan begitu banyaknya mPu di Sumenep meskipun tidak sebanyak sekarang ini. Salah satu karakter keris Sumenep berada pada bagian Sor-soran yg sangat khas. Dari mulai bentuk jenggot, lengkung kembang kacang dari mulai besar sampai tipis, gandik yang menjorok ke dalam dan yg datar, bentuk pijetan yg cenderung datar-flat sampai pada greneng yg lancip. Ini kondisi umum walaupun ada beberapa keris Sumenep yg luwes dengan bentuk greneng & kembang kacang seperti keris Jawa.
Menangguh keris Sumenep juga cukup rumit jika kurang benar2 memahami variasi keris dari sana. Ada yg bentuknya seperti keris luar Jawa, ada yg seperti Bugis misal tangguh Sumenep Pakong dsb). Apalagi kondisi lapangan yg seolah cenderung orang menghindari keris Sumenep atau merasa kurang sreg jika kerisnya ditangguh Sumenep, entah disebabkan karena apa. Padahal keris Sumenep sangat indah terutama dari olah pamor serta bentuknya yg gagah dan khas. Keris Sumenep yang bagus akan ditangguh Tuban atau Blambangan misalnya, ini tentu akan menyebabkan nasib keris Sumenep itu sendiri seolah seperti keris Madiun. Jika ada keris tangguh Mataram yg kurang garap maka akan dimasukkan tangguh Madiun... Demikian Sumenep. Bahkan kalau ada keris Sumenep yang kurang garap akan ditangguh Bangkalan. Seperti halnya keris Tuban yg kurang garap akan cenderung ditangguh Winongan. Tentu hal ini perlu dipertimbangkan oleh para pekeris agar bisa lebih mencerdaskan, bukan mengaburkan.
Semenjak dulu banyak kolektor menyimpan keris2 Sumenep. Sebut saja Koh San dari Purwosari yg menyimpan banyak keris bagus2 tangguh Sumenep, Haji Halim di Sumenep, Pak Sanny Gondomono ketika saya berkunjung kesana masih menyimpan peninggalan ayahnya dulu yg dari Malang masih menyimpan banyak keris2 tangguh Sumenep utuh dan indah. Bahkan pak Haryono Haryoguritno sampai sekarang masih terus berburu keris2 tangguh Sumenep yang bagus karena tertarik dengan ke-khas-an garap & pamor keris Sumenep.
(Foto : varian Gandik keris tangguh Sumenep dengan Kembang Kacang).
Previous
Next Post »