ANTARA TELALE GAJAH & KEMBANG KACANG,

ANTARA TELALE GAJAH & KEMBANG KACANG,

Pada bagian bawah depan keris (disebut Gandik) terdapat ricikan (feature) berupa lengkungan. Ricikan ini pada beberapa literatur ada yang menyebutnya sebagai Lambe Gajah (istilah umum yang digunakan selama ini), tetapi ada pula yang menyebutnya Telale Gajah. Jika penyebutan itu adalah Telale Gajah, maka akan sesuai dengan penyebutan ricikan berbentuk lancip menonjol dibawahnya yang disebut Lambe Gajah.
Jika mengamati beberapa keris, terdapat beberapa perbedaan bentuk. Ada yang bagian tersebut bentuknya memang seperti kepala Gajah sehingga layak jika lengkungan tersebut disebut Telale Gajah, tetapi ada pula yang bentuknya memang seperti Kembang Kacang. Bahkan pernah sekali saya menemui keris cantik era Paku Buwana X yang bagian dalam Kembang Kacang tersebut terdapat semacam Greneng sehingga benar2 tampak seperti Kembang Kacang.
Lantas apakah memang ada perbedaan dari dua penyebutan tersebut jika dikaitkan dengan bentuknya yg memiliki perbedaan satu dengan lainnya ? Ataukah hanya sekedar penyebutan saja ?
Monggo hal ini bisa kita diskusikan untuk menambah wawasan.
(Foto : Perbandingan Kembang Kacang)
Previous
Next Post »