Profesi Kreatif yang Menjanjikan

Hidupnya industry computer berdampak pada industry lainnya. Salah satunya adalah industry kreatif desain multimedia, periklanan, illustrator, dan desain interior.

Di arena animasi digital misalnya, film kartun Finding Nemo besutan Disney/Pixar berhasil membukukan pendapatan sekitar 290 miliar rupiah, sementara The Incredibles, yang pembuatanya memakan biaya 847 miliar rupiah, sukses meraup laba hingga 1,3 triliun rupiah khusus di pasar AS saja setelah ditayangkan 10 hari.
Di kancah permainan, industry game di AS sujses meraih pendapatan sekitar 60 triliun rupiah sepanjang tahun 2005. Art director dan art desaigner disebut-sebut merupkan tenaga yang sangat dibutuhkan dalam pembuatan game- peluang bagi anda yang berminat bekerja sambil bermain

Kreatifitas Bisa Diciptakan

Berminat menjadi seorang professional di bidang seni atau desain? Anda tak perlu mengkhawatirkan soal kurang atau tidak adanya bakat sejak lahir atau talenta. Anda bias mempelajari keahlian yang dibutuhkan di sekolah-sekolah formal di bidang seni dan desain. Intinya, kreatifitas bias diciptakan, tidak semataada karena memang dikaruniai bakat terpendam.
Kini, sekolah-sekolah desain tidak hanya akan memadukan program yang akan mengasah rasa seni mahasiswa. Mereka juga melatih institusi bisnis supaya peserta didiknya bias langsung aplikatif ketika terjun di dunia kerja sebagai pegawai ataupun menciptakan usaha sendiri.

Desain Grafis &Ilusttratif

Sebagai contoh, sebuah sekolah desain di Malaysia memiliki silabus Desain Komunokasi dengan pilihan program Graphic Design & Ilustration dan Multimedia Design. Jurusan Desain Grafis dan Ilustrator akan mengajak para peserta didik berfikr kreatif dalam memanfaatkanprogram piranti lunak yang tersedia. Para lulusannya berpeluang bekerja di berbagai bidang seperti studio deain, rumah iklan, konsultan merk dan identitas, media, corporate-in-house Design, serta percetakan.
Selain itu, sekolah tersebut juga bias saja membuka studio sendiri dengan kemampuan mendesain sampuil buku, iklan, web page, logo/identitas korporat, sampai menghasilkan merek dagang dan identitas suatu produk. SDedangkan sebagai pekerja professional, ia dapat merintis karier sebagai direktur kreatif, ilistrattor, art director, type design, komikus, desainer ekshibisi hingga account executive.


Desain Multimedia

Sedangkan program Multimedia siap membekali siswanya dengan kemampuan multimedia interaktif atau keahlian unutk menggunakan teknologi computer grafis atau proses media digital untuk menciptakan gambar, suara, dan media interaktif lainnya. Dengan keahlian di bidang Animasi 2D & 3D serta video digital, mereka bias menekuni profesi sebagai multimedia designer, web designer, video editor, motion graphic designer, art director, graphic designer, atau pengajar di ilmu terkait.
Sebagai jebolan program Desain Multimedia, anda sanat berpeluang bekerja di studio multimedia, studio animasi, perusahaan pembuat game, biro iklan, Production House (PH), atau agensi web.




Previous
Next Post »