Mouse

M ouse merupakan perangkat yang penting dalam satu kesatuan sebuah komputer. Bayangkan, bagaimana jadinya kalau device ini tidak ada di PC kita. Repot sekali bukan?
Alat ini dinamakan mouse karena Pada awalnya, bentuknya yang mirip dengan “mouse” sebenarnya, lengkap dengan ekornya. Ditambah lagi dengan gerakan pointer di layar monitor yang terlihat seperti tikus. Di lain pihak, ada juga yang mengklaim bahwa kata “mouse” itu merupakan singkatan dari Manually Operated User Selection Equipment. Nah, tahukah Anda kapan mouse pertama kali ditemukan?

Douglas Engelbart dari Standford Research Institute adalah penemu mouse pada tahun 1963. Sebelum dipilihnya mouse sebagai pointing device, tim Engelbart melakukan beberapa percobaan melalui perangkat keras dan lunak yang lain. Tetapi pada akhirnya mereka memilih mouse sebagai pointing device. Pasalnya, dari segi penggunaan, mouse sangat sederhana dan nyaman.
Pada awalnya, mouse berukuran cukup besar dan menggunakan dua roda gigi dengan posisi saling tegak lurus di antara keduanya. Kemudian pada awal 1970 an, Bill English dari Xeroc PARC mengakuisisi produk sebelumnya yang tadinya menggunakan roda di bagian luar, menjadi
single ball yang dapat berputar ke berbagai arah.
Saat ini, di pasaran ada beberapa jenis mouse yang ditawarkan. Yang paling umum
adalah mouse yang terdiri dari bola kecil dan roda-roda sebagai pendeteksi dari pergerakan mouse. Selain itu, ada juga yang berjenis optical mouse yang menggunakan light emitting diode dan photodiodes untuk mendeteksi pergerakan mouse pada mouse pad.
Berikutnya ada jenis laser mouse yang di- publish pada tahun 2004 oleh Logitech. Teknologi ini diharapkan dapat memberikan solusi dalam hal tingkat sensitif dari mouse itu sendiri, sehingga dengan demikian pergerakan mouse pun dapat diminimalisir dengan tidak terlalu bergerak (moved).
Sebelumnya, Sun Microsystem juga telah mengeluarkan produk yang serupa pada tahun 1998. Lalu, ada juga inertial mouse yang biasa digunakan untuk mendukung layanan mobility yang tidak lagi terhubung dengan kabel. Dengan demikian, semakin memberikan keleluasaan bagi si pengguna untuk bergerak tanpa harus memindahkan pointer.






.
Mouse komputer pertama yang dipegang oleh penemunya, Douglas Engelbart. Tampak roda pada mouse yang akan bersentuhan dengan pad-nya.
Previous
Next Post »