BERAGAM MEDIA PENYIMPANAN

Ada banyak media penyimpanan bisa kita temui di pasar, bukan hanya harddisk yang harus menempel di dalam mesin komputer bersama dengan komponen- komponen PC yang lain. Kita juga bisa mencari media penyimpanan yang portabel, bisa dibawa ke mana-mana..
Media penyimpanan portabel umumnya terhubung dengan PC melalui slot USB. Bentuknya bervariasi –ada yang seperti ibu jari (disebut juga sebagai USB flash drive, atau thumb drive), ada pula yang berupa harddisk eksternal. Kapasitas penyimpanannya pun bervariasi, minimal 64MB.
Saat ini sebuah pen drive mengusung kapasitas hingga 4GB kapasitas cukup besar untuk perangkat penyimpanan berbentuk mungil. Tidak seperti pen drive, perangkat harddisk portabel masih terbilang baru. Meski begitu, sudah ada banyak orang yang menggunakannya.
Ukuran harddisk portabel terbilang mungil, tetapi memang lebih besar bentuknya dari pen drive. Harddisk portabel umumnya berbentuk sebesar kartu nama, dengan ketebalan sekitar1,5cm, tapi ada pula yang berdimensi57mm x 49mm x 9mm. Kapasitas yang diusung oleh perangkat harddisk portabel juga bervariasi, dan tentunya lebih besar ketimbang kapasitas maksimum yang bisa diusung oleh pen drive masa kini. Saat ini, kapasitas terkecil dari sebuah harddisk portabel adalah 16GB.
Teknologi penyimpanan juga kian berkembang. Sekarang, sudah ada drive yang dilengkapi dengan fitur card reader (pembaca kartu memori). Pada perangkat-perangkat semacam itu, pengguna bisa mencolokkan langsung kartu memorinya ke dalam slot kartu memori yang tersedia di bagian ujung belakang pen drive.
Dukungan kartu memori yang dimiliki oleh perangkat tersebut bervariasi, tetapi standarnya sudah mendukung MMC dan SD Card. Di ujung lainnya terdapat fitur USB untuk koneksi ke PC. Jadi, pengguna tak perlu lagi menggunakan perangkat card reader jenis lama yang mengikutsertakan kabel USB untuk koneksi ke PC.
.
Previous
Next Post »